Home / Pers Rilis / Rilis Fornas LKSA: Malam Anugerah LKSA Award 2017 Di Batam
Logo Resmi Forum Nasional Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak
Logo Resmi Forum Nasional Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak

Rilis Fornas LKSA: Malam Anugerah LKSA Award 2017 Di Batam

Undangan Media Briefing

Rapat Kerja Nasional II Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak 2017

24 Januari 2017 Jam 16.00 di Ruang Konpers Hotel Goodway Batam

 

Rakernas II Panti se Indonesia Berikan AWARD LKSA kepada 11 Orang

Pembukaan Rakernas II Panti atau Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak akan berlangsung di Ballroom Hotel Goodway Kota Batam pada tanggal 25 sampai 27 April 2017. Acara tersebut akan dihadiri sekitar 1000 orang perwakilan Kepala Panti seluruh Indonesia. Dijadwalkan Menteri Sosial RI Ibu Khofifah Indar Parawansa bersama Ketua Komisi VIII DPR RI Bapak Ali Taher Parasong akan membuka acara tersebut Selasa 25 April 2017 pada jam 19.00. Kementerian Sosial juga akan menyampaikan 500 Paket Bantuan Perlengkapan Sekolah. Anak anak tersebut akan hadir dan berpartisipasi dalam acara penampilan pertunjukan seni dan secara langsung menerima Bantuan dari Ibu Menteri. Ada 4 kegiatan mulai dari Rakernas, Penandatangan Piagam Kota Batam, Malam Anugerah LKSA Award 2017 dan Pameran Himpunan Usaha Kreatifitas Panti Indonesia.

Rapat kerja ini diselenggarakan guna mengkonsolidasikan peran LKSA di tengah masyarakat. Dengan tema Menguatkan Pengasuhan Keluarga Untuk Indonesia Hebat. Kita ingin mengingatkan kembali bahwa peran terkuat penyelamatan anak anak adalah di lembaga keluarga, sedangkan LKSA atau Panti hanya bersifat sebagai shelter sementara dan atau pengasuhan alternatif terakhir. Pentingnya Negara dan Masyarakat tetap menguatkan lembaga keluarga sebagai titik awal pengasuhan anak. Peran keluarga adalah sentral dalam mencegah hal-hal yang dapat mengancam masa depan anak anak, seperti fenomena yang terjadi sekarang.

Untuk itu berbagai narasumber dijadwalkan hadir  mulai dari Ibu Dra. Khofifah Indar Parawansa – Menteri Sosial RI, Bapak DR. Ali Taher Parasong – Ketua Komisi VIII DPR RI, Bapak Harris Iskandar – Dirjen Anak Usia Dini, dan Pendidikan Masyarakat – Kemendikbud, Bapak Eko Sulistyo – Deputi IV Kantor Staf ke-Presidenan, Ibu Rohika, Asdep Pemenuhan Anak Atas Pengasuhan Keluarga dan Lingkungan – KPPPA, Bapak Marzuki – Dirjen Rehabilitasi Sosial – Kemensos RI, Bapak Edi Suharto – Kepala Badan Pendidikan, Penelitian dan Penyuluhan Sosial – Kemensos RI, Bapak Nahar – Direktur Rehabilitasi Sosial Anak – Kemensos RI, Kepala Pusbangprof Kemensos Bapak Manggana Lubis dan Ketua Badan Akreditasi Lembaga Kesejahteraan Sosial (BALKS) Bapak Wawan Setiawan. Agar para Kepala LKSA dapat menambah pengetahuan dan keterampilan pengasuhan anak. Sekaligus sebagai lembaga terdekat yang secara keagamaan dan budaya telah menjadi sarana masyarakat menyelesaikan masalah sosial. Untuk itu fungsi fungsi ini harus terus dikuatkan, agar ketahanan keluarga dan lingkungan tercipta.

Selanjutnya Fornas LKSA merespon pemberitaan nasional belakangan ini yang memperlihatkan Panti/LKSA menjadi ‘sarang kekerasan anak’. Oleh karena itu akan digelar Penandatanganan ‘Piagam Kota Batam’ yang berisi tentang Komitmen LKSA Mewujudkan Pengasuhan Tanpa Kekerasan. Integritas para Kepala Panti diuji untuk menandatangani bersama para pejabat yang hadir dan menjadi momentum pengingat yang akan dibawa ke daerah masing masing. Karena pada kenyataannya masih banyak para pejuang anak dari Kepala Panti atau LKSA yang memiliki komitmen dan dedikasi tinggi. Bahkan bekerja hampir separuh hidupnya dalam dunia pengasuhan alternatif. Beberapa prestasi mereka diakui bahkan sampai dunia pengasuhan Internasional.

Puncak acara Rakernas 2 di Batam adalah Malam Anugerah LKSA Award 2017 yang dipersembahkan Forum Nasional Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak. Diagendakan dalam penyerahannya akan disampaikan Menteri Sosial RI. Maksud pemberian penghargaan adalah mengingatkan kembali bahwa dengan pengasuhan anak yang direncanakan, mengedepankan kepentingan terbaik anak, memiliki keterampilan dan pengetahuan tentang pengasuhan akan menghasilkan anak anak yang cerah masa depannya. LKSA dapat mendorong hal tersebut terus tercipta di semua keluarga Indonesia.

Untuk itu kami mengundang media untuk terlibat aktif meliput selama acara berlangsung. Adapun Undangan Media Briefing ini akan dilangsungkan di Ruang Konpers Hotel Goodway pada 24 April 2017 Jam 16.00. Kontak Person Jasra Putra Sekjen Fornas LKSA di 082112193515 dan Dewan Juri LKSA Award Naswardi di 081382329016.

Kehadiran sahabat media sangat berarti untuk kemajuan kualitas pengasuhan dan perlindungan anak di Indonesia. Terima Kasih.

CP. Panitia Lokal Bapak Amarullah 081277901445

About Admin

Check Also

images-6-228164193..jpg

Jelang Pilkada:KPAI Temui KPU Pusat

Berikut disampaikan Rilis KPAI Undangan Liputan Tahun 2018, terdapat 171 daerah melaksanakan proses demokrasi melalui …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *