Home / KBAI Reportase / Kemensos: Selama Covid Sudah 2539 Lembaga Terakreditasi
Penandatangan Berita Acara Pleno IV oleh Ketua Dewan Kerhormatan Toto Utomo Budi Santosa pada Rapat Pleno IV BALKS 2020

Kemensos: Selama Covid Sudah 2539 Lembaga Terakreditasi

Rapat pleno (9/11) Badan Akreditasi Lembaga Kesejahteraan Sosial atau BALKS menyampaikan sejak bulan Mei sampai November 2020 telah melaksanakan 2539 akreditasi Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS). Meliputi layanan anak, anak berhadapan dengan hukum, disabilitas, lansia, tuna sosial, perempuan dan anak, gepeng, korban napza dan korban perdagangan orang. Pelaksanaannya berada di 63 kabupaten/kota dalam 10 propinsi. Dengan mengerahkan 170 Asessor.

Laporan tersebut disampaikan Ketua BALKS Ellya Susilowati di depan Dewan Kehormatan BALKS Kementerian Sosial yaitu Toto Utomo Budi Santosa, Syahawiyah Abdullah, Angga Arrasyid, Restu Hapsari dan Armay. Yang juga dihadiri pejabat di Kementerian Sosial seperti Sahabudin Kabadiklit, Tati Nugrahati Kapusbangprof, dan beberapa entitas di lingkungan Kementerian Sosial.

Penandatangan Berita Acara Pleno IV oleh Prof Syahabuddin Kabadiklit Peksos dan Pensos Kemensos pada Rapat Pleno IV BALKS 2020

Laporan tersebut direspon dengan beberapa point masukan dan perbaikan oleh Dewan kehormatan BALKS. Diantaranya menyampaikan agar hasil akreditasi benar benar terjaga dan dapat terukur dengan baik output dan outcomenya. Sehingga para pelaksana LKS dapat menjaga mutu layanannya dan penyajian data LKS yang lebih lengkap dan menjadi data hidup. Untuk Asessor yang akan menindaklajuti hasil ini, agar menjaga kualitas dalam visitasi ke depan. Bahwa proses akreditasi benar benar membantu layanan kesejahteraaan sosial dalam mengukur layanannya secara periodik. Serta mendorong Dinas Sosial terus berperan aktif dalam memantau hasil akreditasi.

Dewan Kehormatan BALKS juga menyampaikan bahwa Menteri Sosial sangat mengapresiasi pencapaian ini. Bahwa hasil 2539 LKS patut disyukuri, namun jangan cepat berbangga diri karena kita punya target 3000 LKS sampai akhri tahun. Tentu kualitas dalam verifikasi dan validasi kita kedepankan, sehingga data yang disajikan akan makin berkualitas. Sehingga di akhir tahun kita berhatap data LKS yang sudah divisitasi dapat tersaji mutakhir. Hal ini diamini Sahabudin Kabadiklit dan Tati Nugrahati Kapusbangprof.

Ellya Susilowati sebagai Ketua BALKS menyampaikan terima kasih kepada masukan semua pihak kepada kinerja mereka jelang akhir tahun ini. Semua komisioner berkomitmen mengawal dan menjaga hasilnya serta berusaha untuk mencapai target yang dimandatkan. Bahkan akan lebih ketat dalam pemberian ijin kepada LKS. Seraya meminta Kementerian Sosial di unit terkait juga melakukan upaya yang sama dalam peningkatan kualitas SDM Asessor dalam pelaksanaan akreditasi, Sehingga keinginan kita bersama dalam menjaga kualitas layanan kinerja pilar pilar Sosial di masyarakat tercapai.

Rapat pleno ditutup dengan Dewan Kehormatan BALKS menerima laporan akreditasi dengan rincian nilai A untuk 53 LKS, nilai B untuk 116 LKS, nilai C untuk 105 LKS dan beberapa LKS direkomendasi melengkapi persyaratan akreditasi.

Terima Kasih

Peri Sopian

Anggota BALKS Kementerian Sosial RI

CP. 0852 9412 4686

Check Also

Hari Anak Internasional: Orang Tua Butuh Perhatian Dunia

Rilis Jasra Putra Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia perlu menjadi perhatian dunia, guna persiapan orang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: