Home / KBAI Reportase / Forum Panti Nasional Bangga Forum LKKS DKI Jakarta Nominator Penghargaan Kementerian Sosial 2020
Muhammad Sidik Ketua LKKS Provinsi DKI Jakarta dan Irmansyah Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta pada pertemuan Koordinasi Lembaga Kesejahteraan Sosial di Aula LKSA Uswatun Hasanah. (Gambar diambil sebelum masa Covid 19)

Forum Panti Nasional Bangga Forum LKKS DKI Jakarta Nominator Penghargaan Kementerian Sosial 2020

Kabar baik disampaikan Yanto Mulya Pibiwanto Ketua Umum Forum Nasional LKSA PSAA di Bandung. Bahwa Forum LKKS Propinsi DKI Jakarta menjadi nominator penghargaan Kementerian Sosial RI dalam kategori pilar pilar sosial teladan.

Rencananya penghargaan tersebut akan diserahkan langsung Menteri Sosial Juliari Batubara kepada Ketua LKKS Propinsi DKI Jakarta Muhammad Sidik yang juga Ketua LKSA Uswatun Hasanah. Yang acaranya akan berlangsung dalam waktu dekat.

Yanto melanjutkan, tentu di tanggal 10 November 2020 Hari Pahlawan menjadi bagian perjuangan teman teman pelindung anak. Kami panti se Indonesia menyambut baik penghargaan ini. Baginya ini kabar baik, ditengah panti se Indonesia menghadapi tantangan di masa Covid. Bahwa kualitas layanan lembaga kesejahteraan sosial anak tetap berlangsung dengan prima dan di apresiasi pemerintah.

Muhammad Sidik Ketua Forum LKKS Provinsi DKI Jakarta menyampaikan apa yang di peroleh Forum Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) yang dipimpinnya, menjadi kebanggaan dan sekaligus tantangan untuk tetap berkreasi mempertahankan layanan kesejahteraan social di masa pandemi Covid 19. Tidak mudah namun bukan berarti tidak bisa. Saya sangat bangga dengan anak anak, para pengasuh dan para penerima manfaat. Penghargaan ini buat mereka semua.

Apalagi karya ini mendapat apresiasi nasional. Tentu menjadi kebanggaan ribuan penerima manfaat. Baik yang berada di keluarga inti, keluarga pengganti maupun yang sedang dalam tahapan rehabillitasi dan habilitasi. Penghargaan ini saya persembahkan untuk semua yang telah bekerja dan menerjemahkan kebijakan dalam aktifitas Forum LKKS yang menjaga protokol kesehatan dan implementasi yang mengutamakan hak hidup dan hak kesehatan di tengah pandemi. Saya sampaikan banyak terima kasih atas dukungan semua.

Sebelumnya di bulan September 2020 Ani Susanti dari Tim Penilaian Aktivitas Lembaga Kesejahteraan Sosial Dalam Penanganan Covid 19 yang juga Kepala Seksi Kapasitas Sumber Daya Direktorat Pemberdayaan Sosial, Perorangan Keluarga dan Kelembagaan Kemasyarakatan Kementerian Sosial menyampaikan penghargaan ini ditujukan pada mereka yang terus bekerja menjaga masyarakat di sekitarnya dengan dasar kerelawanan. Hasil penilaiannya berdasarkan aktifitas Pilar Pilar Sosial dalam peran dan aktifitas mereka dalam penanganan Covid 19.

Begitu juga Jasra Putra Komisioner KPAI yang juga Kadivwasmonev Komisi Perlindungan Anak Indonesia menyampaikan peran layanan inklusif di lembaga kesejahteraan sosial menjadi sangat penting, karena kondisi keterbatasan akses di masyarakat yang sangat butuh keberpihakan, terutama anak anak yang rentan terlepas dari keluarga, orang tua yang mengalami penurunan daya ekonomi, mereka yang kehilangan tempat tinggal, dan mengalami PHK. Sehingga skema perlindungan kesejahteraan sosial bagi anak harus lebih inklusif, agar semua masuk dalam perlindungan kita. Begitupun kaum rentan lainnya.

Sebelumnya proses seleksi pilar pilar sosial se Indonesia yang terdiri dari Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Karang Taruna dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) telah selesai dilaksanakan. Yang menetapkan 5 terbaik dari masing masing pilar sosial.

Check Also

Kegalalan Pendidikan, Kegagalan Komunikasi Guru dan Pendamping Belajar

Di satu sessi pembelajaran PJJ, nampak seorang guru, sedang menegaskan ke murid kecilnya, pentingnya mengerjakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: