Home / KBAI Reportase / Di Tengah Persiapan Silaturahim Lebaran, Pemerintah Masih Perlu Periksa Kesiapan Fasilitas
4 Petugas security di Stasiun Klender Lama (24/4 09:09) dengan sigap membantu disabilitas menuju peron kereta

Di Tengah Persiapan Silaturahim Lebaran, Pemerintah Masih Perlu Periksa Kesiapan Fasilitas

Nampak beberapa petugas di stasiun Klender Lama, Stasiun Buaran dan Stasiun Klender Baru membantu penyandang disabilitas kursi roda menuju peron stasiun. Hal ini terjadi karena lift yang biasa di gunakan sedang menunggu perbaikan.

Tentu saja persiapan silaturahim lebaran yang tinggal sebentar lagi, butuh perhatian pemerintah setempat. Budaya masyarakat yang saling berkunjung untuk menghormati yang lebih tua, membutuhkan kesiapan penyelenggara transportasi publik, terutama transportasi kereta yang jadi idola keluarga untuk sarana anjang sana sini bersilaturahmi.

Catur Sigit Nugroho aktifis yang giat audit fasilitas publik menyampaikan Aksessibilitas sangat penting, seperti untuk pengguna kursi roda. Apalagi mereka para pengguna kursi roda yang melakukan perjalanan mandiri. Mereka sangat membutuhkan lift agar tidak merepotkan petugas, yang mungkin saat lebaran akan sangat sibuk melayani masyarakat.

Tentu menghadapi 85,5 juta pemudik di Pulau Jawa, pemerintah perlu mengatur secara baik alur pemudik, begitupun masyarakat yang akan melakukan perjalanan dalam kota dalam bersilaturahmi. Kita berhadapan resiko perpindahan orang dalam satu waktu di masa masa bulan silaturahim lebaran nanti.

Sehingga sejumlah pengecekan dan masukan perlu dilakukan, agar silaturahim berjalan lancar, membahagiakan dan memenuhi faktor keselamatan dalam mengurangi resiko perjalanan. Untuk itu masih ada waktu seminggu ke depan untuk mengejar berbagai persiapan agar fasilitas publik kita lebih siap.

Jasra Putra Komisioner KPAI yang dihubungi secara terpisah menyampaikan fasilitas publik untuk disabilitas perlu disiapkan kemudahan, kelayakan dan keselamatan. Agar ada kemandirian dan kesetaraan dalam mengakses transportasi publik. Namun ia juga khawatir jika terlalu ramai penumpang, teman teman disabilitas perlu perhatian petugas.

Check Also

Kebahagiaan Blitar Dari Mekkah Atas Kemenangan Tim Robotik

Momen bahagia kemenangan Tim Robotik Indonesia, di rayakan tiga siswi SMA IT Al Hikmah Garum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: