Home / KBAI Reportase / Mencari Solusi Penelantaran Anak di Kota Bandung

Mencari Solusi Penelantaran Anak di Kota Bandung

IMG-20160425-WA0066Sejumlah aktifis masyarakat yang konsen kepada penelantaran anak di Kota Bandung akan berkumpul di Panti Asuhan Bayi Sehat Jalan Purnawarman Nomor 25. Acara tersebut akan dilaksanakan mulai 26 s.d. 27 April 2016. Dalam rilis yang diterima Kantor Berita Anak Indonesia acara digelar atas keprihatinan rilis Badan Pusat Statistik 2016 yang menetapkan Jawa Barat tertinggi atas gap kesenjangan kaya – miskin.

Ketua Forum LKSA Kota Bandung Bapak Yanto Mulya Pibiwanto menyampaikan, hal tersebut diangkat para stakeholder untuk mengikat komitmen setelah BPS meluncurkan data kondisi Jawa Barat. Dan penelitian kami selama tujuh bulan mengungkap pentingnya membangun sumber dukungan dan sistem rujukan dalam mengatasi permasalahan lapangan dengan cepat. Oleh karena itu penting tetap menjalin komunikasi dan komitmen kepada warga Bandung, terutama para tokoh masyarakat, lembaga, pengusaha dan pemerintah.

Pertemuan ini merupakan insiatif para stakeholders yang akan hadir, dengan diwakili 21 lembaga yang merupakan lintas profesi, diantaranya kalangan perbankan, peneliti universitas, pemerintah melalui dinas sosial, badan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, dinas pendidikan, kepolisian, dan tokoh masyarakat.

Pertemuan diharapkan menghasilkan rumusan membangun sumber dukungan dan sistem rujukan di Jawa Barat dan menjadikannya menjadi isu bersama pengentasan kesenjangan tersebut, melalui keluarga yang telah kami ambil sampelnya.  Hasil pertemuan akan disebarluaskan kepada kepentingan terkait dan langsung merencanakan agenda aksi bersama.SAM_3727

Sebelumnya Majelis Pelayanan Sosial Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui tiga LKSA di Kota Bandung melakukan asessmen kondisi keluarga ‘rawan’. Dari tiga lokasi didapatkan 120 sampel keluarga dengan berbagai sebab kondisi kemiskinan. Yang hasilnya telah dikonsultasikan bersama masyarakat setempat. Rekomendasi hasilnya menjadi agenda pengentasan masalah yang akan dibahas lintas sektor guna membangun sumber dukungan dan sistem rujukan di Kota Bandung.

 

Check Also

Rilis: Harapan Disabilitas Pada Muhammadiyah Melalui Gerakan Ekonomi Inklusif

Bertempat di Gedung Dakwah Muhammadiyah lantai 2 sejumlah penyandang disabilitas hadir mewakili teman temannya untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: