Home / Liputan Khusus / Valen Ajak 75 Anak Rayakan Hari Anak di Gedung Pemadam Kebakaran
Foto dari Dokumen Pergerakan Indonesia untuk Semua (PIS)

Valen Ajak 75 Anak Rayakan Hari Anak di Gedung Pemadam Kebakaran

Bertempat di pemadam kebakaran Suku Dinas Gulkamat Jakarta Timur.  Pergerakan Indonesia untuk Semua atau PIS, Rumah Belajar Pelangi Nusantara bekerjasama dengan Pemadam Kebakaran Jakarta Timur rayakan Hari Anak Nasional.

Mereka memulai acara dengan berkenalan satu persatu kepada anak, sehingga suasana panitia dan anak anak sangat akrab hari itu. Kemudian mereka dibagi secara berkelompok dengan didampingi panitia.

Anak anak di keenalkan alat alat yang ada di pemadam kebakaran dan mencobanya langsung.  Bahkan pemadam kebakaran sudah menyediakan baju anak berbagai ukuran yang serupa dengan mereka pakai ketika bertugas.

Hal itu mengundang ketertarikan dan keseruan anak anak saat mengantri dan mencobanya. Mereka memegang selang pemadam kebakaran dan mengarahkannya, kemudian mereka menaiki tangga mobil pemadam kebakaran dan ber flying fox dari satu mobil ke mobil lainnya. Dengan keamanan berlapis petugas selama anak anak menikmati permainan.

Valentina Sastrodihardjo dari Rumah Belajar Pelangi Nusantara menyampaikan mereka yang mengikuti kegiatan anak hari ini, adalah anak anak yang belajar di bawah fly over Rawamangun. Jangan ditanya mereka kenapa, atau dari mana, tetapi mereka memiliki hak yang sama dengan anak anak lainnya. Mereka tidak perlu di stigma anak jalanan, mereka disana karena ada hak dan kebutuhan yang harus dipenuhi. Seperti ruang bermain, Fly Over menjadi tempat yang dianggap anak ‘bisa menjadi tempat bermain’ karena rumah di dekatnya sudah tidak mengakomodir mereka.

Valen adalah alumni UNJ jurusan PAUD, yang sudah 12 tahun mengisi ‘bermain dan belajar’ di bawah Fly Over tersebut. Tetapi hari ini spesial bagi Valen, karena ada Pergerakan Indonesia untuk Semua dan Suku Dinas Gulkamat Jakarta Timur.

Biasanya ada ratusan anak yang mengikuti kegiatan, mereka butuh ruang berinteraksi sebaya, dan sangat butuh didampingi. Orang tua mereka harus mencari nafkah, saya sejak dulu menjadi teman orang tua dalam membesarkan anak anak mereka. Kita saling bertukar pengalaman, saya juga mengisi dengan sedikit pengetahuan, agar tumbuh kembang anak anak mereka maksimal. Dari mereka saya belajar banyak.

Valen sangat berterima kasih kepedulian Gerakan Indonesia untuk Semua dan Suku DInas Gulkamat Jakarta Timur. Anak anak terlihat sangat antusias disini, karena kakak kakak dari PIS dan Pemadam Kebakaran jauh dari kesan formal, serasa sudah lama bersama kita. Saya haru, melihatnya. Semoga ke depan bisa terus bersama sama, dalam mengajak anak anak untuk berani bermimpi tentang masa depannya.

Check Also

Fit and Proper Test KPAI Berakhir

Ruang sidang DPR Komisi 8 DPR RI mulai jam 10 menunggu 18 calon Komisioner KPAI. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: