Home / KBAI Reportase / Transit Masjid Ar Rodiyah Semarang, Masjid Kekinian
20180621_102103.jpg

Transit Masjid Ar Rodiyah Semarang, Masjid Kekinian

Perjalanan dari Jebres Solo menuju Jakarta menghentikan Kantor Berita Anak Indonesia (KBAI) pada Masjid berwarna krem dan kubah hijau menyala.

Terletak di jalan Kyai Muhammad Rifai Sambiroto Semarang tampak Masjid megah berdiri. Perjalanan mudik arus balik KBAI terhenti. Masjid Jami itu bernama Ar Rodiyah.

Beruntung kami bisa beristirahat disini. Letaknya di kaki perbukitan Tembalang Semarang Atas. Selepas istirahat kami ditemui seorang laki laki tegap berwajah khas Jawa. Umurnya sekitar 45 an. Bertanya dengan nada ramah ‘pulang ke Jakarta Mas, katanya’.

Ahmad Suhari Imam Besar Masjid Jami Arrodiyah Sambiroto Tembalang Semarang Atas

Obrolan berlanjut hangat, karena kami tertarik lingkungan area satu hektar di sekitar Masjid. Warna warni gedung dan berbagai nama fungsi gedung menarik perhatian.

Kemakmuran Masjid ini makin terasa dengan adanya fasilitas publik penitipan anak Cahaya Bunda, Mini Market Arrodiyah Mart yang cukup luas, Panti dan Asrama, TK Islam Tunas Melati, Layanan Lansia (Home Care), SMP Al Fikri dan TPQ dan Tahfidz Alqur’an.

Amal Usaha Masjid Arrodiyah Sambiroto Semarang

Nampak diarea ujung tanah 1 hektar Masjid, Tower Air 5 meter. Imam Besar Masjid Arrodiyah Ahmad Suhari menyampaikan tower ini memenuhi kebutuhan 70 KK disekitar Masjid. Ia ingin Masjid menjadi kekinian untuk umat. Disini menyatu kegiatan Salafi, NU dan Muhammadiyah.

Sittah Widiastuti, educator Arrodiyah yang menjadi pembina pendidikan bayi, anak anak dan remaja menceritakan rutinitas usaha yang diselenggarakan Masjid, ada 15 bayi dan anak untuk tahun ajaran ini di TPA, untuk Panti dan Asrama putra dan putri ada 60 anak, Tk Islam Tunas Melati ada 40 siswa, SMP Al Fikri 120 siswa dan TPQ Pesantren Tahfidz Alquran Arrodiyah 120 santri.

Ada 2 anak yang sedang asyik masak di dekat ruang kolam ikan dan saung makan. Iya adalah ananda Alfi yang baru lulus SMK tahun ini dan ananda Nurul yang baru mulai masuk SMA. Mereka sedang persiapkan makan adik adiknya.

Selepas berkunjung kami mengikuti Suhari yang berjalan bersama istri dan anak anak menuju makam Sasonoloyo Sambiroto Semarang. Katanya anak anak kangen kakaknya Faizal yang lebaran tahun ini tidak bersama lagi.

About Admin

Check Also

IMG_20180921_193853.JPG

Perubahan Paradigma Layanan Untuk Penguatan Panti

Bertempat di Panti Ar Rahman Sungai Manonda, Lorong Buvundala, Kelurahan Duyu, Palu, Sulawesi Tengah, KBAI …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *