Home / KBAI Reportase / Panti Asuhan Roudlatul Jannah Bangun Wisata Edukasi Anak

Panti Asuhan Roudlatul Jannah Bangun Wisata Edukasi Anak



Suasana Minggu Pagi di Panti Asuhan Anak Roudlatul Jannah Blitar

Terletak di aliran anak sungai Lekso dengan luas area 2100 meter, panti asuhan anak Roudlatul Jannah terus berbenah diri melengkapi fasilitas yang ramah anak.
Anak-anak kami ajak mencintai tempat tinggalnya, kata Gus Bambang Adi Hapseno Pimpinan sekaligus pengasuh Panti Asuhan Roudlatul Jannah Blitar. Ini bagian dari proses membangun partisipasi anak agar mencintai tempat belajarnya. Kita memulai dengan mengajak mereka membangun rumah bebek, membuat kolam ikan dan menanam pohon Tin.

Penambahan fasilitas layanan bermain dan belajar

Kami sedang membangun beberapa fasilitas untuk pengembangan pendidikan yang lebih ramah anak. Seperti Gedung Sekolah yang memperhatikan ruang gerak anak, memperhalus sudut-sudut bangunan yang dapat membahayakan mereka. Juga membangun lingkungan sekitar panti dengan dilengkapi apotek hidup, peternakan dan perikanan. 
Anak-anak kami ajak membangun Wahana Edukasi dengan mengajak anak-anak sekitar panti juga merasakan manfaatnya.

Setiap anak mempunyai potensi. Maka, dengan potensi itulah yang kami coba kembangkan sebagai bekal anak-anak di kemudian hari. Dimulai dari kegiatan keseharian sederhana, mereka belajar dan dilatih mempunyai tanggung jawab, disiplin dan kesadaran hidup bersih.

Aktifitas Minggu pagi di Panti Asuhan Roudlatul Jannah Blitar

Seorang anak Irawati, 13 tahun menyatakan sangat menyayangi bebek, memberikannya makanan, mengambil telur dan menjualnya. “Aku punya tabungan sendiri Kak,” katanya kepada KBAI. Hasilnya mereka gunakan untuk beli beberapa alat sekolah yang mereka butuhkan juga mainan.
Begitu juga Arifin, 10 tahun menyukai teh dari pohon Tin. Karena semua minum, jadi suka. Jadi jarang sakit, katanya.

Gus Bambang melanjutkan dengan mengenalkan simulasi bermain dan belajar anak anak jadi tahu cara meraih apa yang mereka inginkan. Kedepannya nilai-nilai ini menjadi bekal mereka meraih cita-cita. 

Bahwa dengan pemikiran mereka sendiri, usaha mereka sendiri, mereka tetap bisa meraih cita cita seperti anak-anak lainnya. Mereka semakin pandai mengenal dan memakai potensi yang mereka miliki.

Keluarga Besar Panti Asuhan Roudlatul Jannah Blitar

Semoga ide sederhana ini, ke depan dapat menjadi wahana edukasi yang dicintai anak anak di dusun kami dan bisa berkembang, dikenal masyarakat luas. Semoga pembangunannya lancar, serta anak anak semakin mencintai rumah mereka, tutupnya.
Panti Asuhan Anak Roudlatul Jannah beralamat di Dusun Jatiluhur Rt. 1/5 Desa Jatitengah Kec. Selopuro Blitar Jawa Timur.

Check Also

Hari Anak Internasional: Dunia Pekerja Butuh Keberpihakan

Hari Anak Internasional yang dirayakan setiap 20 November memang sedikit berbeda, tidak ada perayaan melibatkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: