Home / KBAI Reportase / Panti Ar Rahman: Proses Evakuasi Anak Panti Berjalan Lancar
posko kemensos

Panti Ar Rahman: Proses Evakuasi Anak Panti Berjalan Lancar

Situasi pasca gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah menjadi kisah sedih anak anak Panti Al Hijrah dan Jabal Arafah Kota Palu. 7 hari mereka terpisah dengan pengurus dan pengasuh panti. Hal itu dijelaskan Muhammad Ali pengasuh Panti Ar Rahman yang menemui mereka di Pegunungan Kabonena Kecamatan Ulujadi Kota Palu. Dalam inisiatifnya mengunjungi titik titik pengungsian warga di gunung gunung yang tinggi. Ia menemui anak anak panti sambil membagikan nasi bungkus daun pisang di titik titik pengungsian warga, kondisi mereka perlu segera dipindahkan.

Saat ini Irwandi S Nurhamidin bersama pengurus sedang persiapkan penjemputan, memang masalah bahan bakar menyebabkan agak terlambat proses ini. Karena kami masih harus mengambil titipan jirigen yang ada di pertamina. Tadi malam kami tinggal dan antrikan disana. Karena memang antrian mengisi bahan bakar sangat panjang dan diminta ditinggal saja dengan meninggalkan identitas.

Dapat kami laporkan hasil evakuasi anak anak panti sebagai berikut: Pertama Panti Asuhan Al Hijrah, yang mengungsi ke pegunungan Kabonena, Donggala Kodi. Ditemukan 35 anak. Ditambah pengurusnya 5 orang. Sebagian anak sudah dievakuasi, dan dibawa pimpinan pantinya ke Makassar . Sebagian lagi diserahkan ke keluarga. Tersisa 7 orang anak yang sekarang sudah dievakuasi kembali dipanti. Saat ini tinggal di tenda bersama 1 orang pengurus. Alamat panti di Jalan Umar Syarif Kelurahan Boyoge.

Kemudian evakuasi Panti Asuhan Al Ikhlas yang mengungsi di pegunungan Kabonena, Ditemukan 2 anak bersama pengurusnya yang sedang sakit. Sekarang sudah di evakuasi ke rumah warga yang berdekatan dengan panti asuhan Al Ikhlas yang berada di Jalan Munif Rahman Kel Kabonena Kec Ulujadi . Sedangkan 25 anak lainnya telah diserahkan ke keluarganya.

Kemudian Panti Asuhan Nurul Khairaat, anaknya berjumlah 15 orang sudah dikembalikan ke keluarga. Berada di Jalan Kedongdong 2 Kelurahan Donggala Kodi Palu Barat.

Kemudian lanjut ke Panti Asuhan Al Maun. Sampai saat ini belum diketahui mengungsi dimana, kabar warga, anak anak berpencar bersama pengurus di pegunungan. Sampai hari ini belum diketemukan posisinya, menurut warga disekitar panti. Lokasi panti berada di jalan Lasoso Kec Palu Barat

Selanjutnya kami melanjutkan evakuasi ke Panti Miftahul Jannah, semuanya selamat, dan anak anak sudah diserahkan ke orang tuanya. Lokasi Panti berada di Jalan Mangga Kel Kamonji Palu Barat

Kemudian ke Panti Asuhan Fastabiqul Khairaat, yang sekarang belum ditemukan anak anak dan pengurusnya, kondisi panti rusak. Warga mengira mereka masih di pegunungan. Lokasi Panti di Jalan Diponegoro Kelurahan Lere Palu Barat

Kemudian Panti Asuhan Al Muhajirin, semua anak sudah dikembalikan, tersisa 2 orang dipanti, anak tersebut kami temui dan sedang persiapan kembali ke keluarganya. Lokasi panti di Jalan Kenduri kel Kamonji Palu Barat

Untuk Panti Asuhan Al Maun dan Panti Asuhan Fastabiqul Khairat yang belum ketemu, akan kami telusuri sambil membagi makanan nasi bungkus di pegunungan. Kita berdoa yang terbaik untuk mereka.

Posko Rehabilitasi Sosial Kemensos RI, untuk pelayanan Anak, Disabilitas, Lansia Paska Gempa/Tsunami Sulawesi Tengah
Posko Rehabilitasi Sosial Kemensos RI, untuk pelayanan Anak, Disabilitas, Lansia Paska Gempa/Tsunami Sulawesi Tengah

Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Nahar juga dilaporkan kondisi anak anak tersebut. Ia menyampaikan sedang berkoordinasi dengan Sekber Anak Dinsos Kota Palu di Jalan Muhammad Yamin. Menurutnya Sakti Peksos akan mendata anak anak tersebut setelah di evakuasi nanti dan siap mendampingi bersama tim Panti Ar Rahman.

Kita akan proses reintegarisi dan reunifikasi kedepan, agar keluarga atau saudara terdekatnya tahu kondisi saudara mereka. Yang penting sementara mereka dicarikan tempat yang lebih aman. Adapun Sekber Perlindungan Anak berada di Dinas Sosial Propinsi Sulawesi Tengah Jalan Moh. Yamin No. 15 Palu. Adapun nomor nomor pentingnya dapat diakses TEPSA 1500771 (Anak), 087710555783 (Anak), 082347316500 (Disabilitas), 0816682921 (Disabilitas), 085219265588 (Lansia), 087877609090 (Lansia).

Ketua Advokasi dan Jaringan Fornas PSAA Ilma Sovri Yanti telah berkoordinasi dengan Posko Korem Tadulako via WA untuk penjemputan anak anak tersebut, dan mereka menyampaikan siap aksi bersama. Alhamdulillah sudah banyak panti yang mulai bisa ditemukan. Seminggu ini kami akan terus menelusuri bersama relawan panti yang sudah dilokasi. Memang kondisi yang tidak normal ini, membuat kami harus berfikir diluar kebiasaan agar bisa membantu anak anak tersebut.

About Admin

Check Also

IMG-20181006-WA0036.jpg

8 Dokter Bhinneka Tunggal Ika Siap Bantu Kesehatan Anak Di 64 Panti

Dalam keterangan dokter Linda koordinator lapangan gerakan Dokter Bhineka Tunggal Ika, para Dokter yang bertugas …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *