Home / KBAI Reportase / KPAI Ingatkan Keamanan Data Anak Yatim Piatu
Kak Susanto - Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia

KPAI Ingatkan Keamanan Data Anak Yatim Piatu

Komisi Perlindungan Anak Indonesia menggelar zoom online Rapat Koordinasi Nasional Pemenuhan dan Perlindungan Anak Korban Kehilangan Orang Tua  Pada Pandemi Covid-19 (12/8).

Kak Susanto Ketua KPAI menyampaikan ada 350 ribu anak anak terpapar covid, 777 meninggal dunia. Dampaknya situasi Covid 19 menghantam keluarga dan anak anak di Indonesia. Belum lagi ada 29,4 juta orang tua yang di PHK, di kurangi jam kerjanya, di rumahkan, yang berpengaruh kepada pelemahan pendapatan keluarga.

Di 2020 KPAI mencatat, akibat pendapatan yang menurun, berhubungan sangat significan kepada pemenuhan hak gizi anak, ada 26,6% gizi anak kita sekarang dalam situasi yang lebih buruk. Efek dominonya adalah kerentanan anak anak yang menjadi korban kekerasan. Kemudian anak rentan kehilangan pengasuh utama, akibat kematian.

Untuk itu forum ini penting memastikan, kalau pengasuh utama tidak ada, wajib diasuh oleh keluarga sampai derajat ketiga. Karena secara sosiologis bila diasuh dalam keluarga, pada umumnya keluarga lebih mudah adaptifnya dan memastikan data yang di collect semua Kementerian/Lembaga dan penggerak anak memiliki keamanan dan kualitas, tutupnya.

Rakornas KPAI di hadiri lintas Kementerian dan Lembaga, Dinas Sosial, Dinas PPPA, lembaga anak internasional dan nasional, Ormas, Orsos, Peksos, Panti Satgas PPPA.

Check Also

Penolakan SJ: Potret Penanganan Korban Pedofilia, Masih Jauh Dari Harapan

Tampilnya SJ di publik, membawa penolakan sejumlah masyarakat, terutama masyarakat mengingatkan update kondisi penanganan para …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: