Home / KBAI Reportase / Hari Anak Universal: KPPPA Himbau Pemilu Ramah Anak
KPPPA, KPAI, KPU, Bawaslu dalam Deklarasi Pemilu Ramah Anak

Hari Anak Universal: KPPPA Himbau Pemilu Ramah Anak

Bertepatan Hari Anak Universal yang di rayakan dunia, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) melaksanakan  kegiatan Deklarasi dan Diseminasi Surat Edaran Bersama Tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 Yang Ramah Anak di Hotel Discovery Ancol (20/11).

Pribudiarta Nur Sitepu Sekretaris Meneg PPPA menyatakan mulai dari masa kampanye, perhitungan suara sampai masa sengketa pemilu agar dapat memperhatikan perlindungan anak. Perlu kesadaran semua pihak, agar tidak melibatkan anak dalam politik.

Kampanye terbuka, yel yel, umpatan, fitnah dalam kampanye, akan dilihat anak. Dalam Undqng Undang termasuk kekerasan. Pelibatan anak dalam penghitungan suara, anak menggunakan warna tertentu, provokasi anak, memusuhi, membenci dalam kampanye, tidak boleh, berdasarkan Undang Undang Perlindungan Anak.

Kondisi ini yang melatar belakangi acara. Kita berharap komitmen bersama ini, kita inisiasi dalam pemilu ramah anak , agar tidak terjadi. Surat Edaran Bersama ini jadi komitmen Bupati, Walikota, Gubernur, masyarakat dalam pemilihan umum dan pemilu serentak tahun 2024.

KPPPA mengapresiasi semua pihak, terutama 5 pihak yang telah menandatangi Surat Edaran Bersama Pemilu Ramah Anak pagi tadi, yaitu KPPPA, KPAI, Kemendagri, KPU, dan Bawaslu. Yang di lanjutkan siang ini, juga akan deklarasi Pemilu Ramah Anak bersama peserta pemilu. Agar jadi sinergi komitmen pemenuhan hak anak dalam penyelenggaraan pemilu, tutup Pri Budiarta.

Dalam acara penandatanganan deklarasi Pemilu Ramah Anak nampak berbagai peserta pemilu hadir. Yang di dominasi kehadiran perempuan, yakni PDI P, PKS, PSI, PKN, Gelora, Hanura, PAN dan Perindo. Semua partai sepakat pentingnya mewujudkan pemilu ramah anak.

Sebelum penandatanganan, KPU, Bawaslu, KPAI dan KPPPA membuka ruang diskusi tentang Pemilu Ramah Anak yang disambut antusias keaktifan peserta pemilu, dalam mempertanyakan teknis pelaksanaan Pemilu Ramah Anak. Yang masih menjadi pekerjaan rumah bersama dalam mewujudkan standar operasional pelaksanaannya. Yang disepakati forum akan di lanjutkan pada pertemuan selanjutnya.

Check Also

Mari Praktekkan Mudik Inklusi

Ilma Sovri Yanti Inisiator Mudik Ramah Anak dan Disabilitas (MRAD) menyampaikan memang pergerakan penumpang cenderung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: