Home / KBAI Reportase / ELKAPE Ajak Bela dan Beli Produk Buruh

ELKAPE Ajak Bela dan Beli Produk Buruh

Semenjak perusahaan membatasi diri dalam segala hal, dalam rangka bertahan.

Berdampak buruk bagi para buruh pekerja sektor informal dan karyawan kontrak di sektor formal, begitu juga pekerja lepas, pekerja harian dan pekerja borongan.

Pengurangan insentif, pengurangan tenaga kerja, pembatasan produksi bisa mengancam 70 juta pekerja sektor informal dan non formal ini.

Kisah Dodo yang viral, pekerja ojek online yang tidak mampu bayar indekost, sejak 2 bulan wabah Covid. Dan ketika pulang gembok pintu indekostnya diganti dan akhirnya harus tidur didepan ruko bersama anak istrinya, menjadi alert warning system’ kita berbunyi, bahwa ada orang orang yang sama nasibnya.

Bagaimana tidak, kebiasaan bekerja ‘hasil hari ini – untuk makan hari ini’ membuat kita perlu memberi alternatif untuk eksis kembali, selain banting setir membuat berbagai produk untuk menghidupkan daya tahan hidup yang berjalan hanya sehari atau seminggu.

Untuk itu kami mengajak aliansi buruh pekerja PHK dan terancam PHK mulai banting setir membuat berbagai produk untuk melanjutkan daya tahan hidupnya.

Meski ada bantuan sembako, namun kebutuhan sewa tempat tinggal, mengurus anggota keluarga yang bisa sakit atau menurun psikologis nya akibat dampak panjang kondisi ini, belum lagi kebutuhan anggota keluarga (bila ada anak, lansia, disabilitas) yang menjadi tanggungannya, harus segera dipenuhi.

Untuk itu kami mengajak Bela dan Beli Produk Buruh. Dari Buruh untuk Buruh, Dari Buruh buat kita semua.

Pembelian dapat pembelian lansung atau membeli untuk disalurkan.

Kami juga sedang membangun usaha bersama ini dengan mulai membangun platform digital mujarab.co. Mujarab berati Mau Antar Jemput Barang.

Harapan kami, ada banting setir yang cepat dalam membangun kembali harapan dan daya tahan di setiap keluarga buruh.

Kami juga menghimpun barang barang berguna di situasi ini, yang dapat disalurkan kepada keluarga buruh. Dengan mendirikan Lumbung Buruh untuk antisipasi kondisi dengan berdaya bersama.

Bagaimanapun inilah data kemiskinan baru, yang belum pernah terdata di Pemerintah. Dan perlu kita jawab bersama.

Gerakan Bela dan Beli Produk Buruh menjadi bagian sumbangsih dan partisipasi aktif para buruh dalam Indonesia Melawan Covid 19.

Check Also

Elkape: Jutaan Anak Terancam Kehilangan Layanan Dasar Karena Orangtuanya PHK

BPJS Ketenagakerjaan menyampaikan 600 ribu lebih pekerja di PHK. Hal ini diungkap pada Rapat Dengar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: