Home / KBAI Reportase / Dari 122 Panti di Sulteng, 34 Panti Rawan Ambruk Berada Di Kota Palu
Kunjungan Kerja Forum Nasional Panti Sosial Asuhan Anak di Panti Wali Songo Jalan Soekarno Hatta Palu 23/9/2018
Kunjungan Kerja Forum Nasional Panti Sosial Asuhan Anak di Panti Wali Songo Jalan Soekarno Hatta Palu 23/9/2018

Dari 122 Panti di Sulteng, 34 Panti Rawan Ambruk Berada Di Kota Palu

Pasca sore (28/9/2018) berkomunikasi dengan Kepala Panti Ar Rahman Irwandi S Nurhamidin pada 17.05 WITA, Ketua Advokasi Panti Sosial Asuhan Anak merasakan langsung situasi panik pasca guncangan Gempa 7.7 SR. Ia mendengar langsung situasi Irwandi yang sedang mengarahkan anak anak ke luar dari panti. Ilma menyarankan agar tenang dan mencari tempat yang lebih tinggi. Lepas itu komunikasi sekitar 15 detik itu langsung terputus.

Yanto Mulya Pibiwanto Ketua Forum Nasional Panti Sosial Asuhan Anak pasca mendapat laporan langsung melaksanakan serangkaian koordinasi. Beliau sangat mengkhawatirkan kondisi anak anak di Sulawesi Tengah terutama Kota Palu. Koordinasi respon tanggap darurat segera dilakukan. Dengan berbagai upaya agar dapat berkomunikasi dengan Forum Panti Palu. Komunikasi sudah terbuka dengan Ardan Lelemappuji Ketua Panti Muhammadiyah daerah Nuju dan Ustadz Irwandi Ketua Panti Ar Rahman di jalan Durian 130 Kota Palu.

Mariya Mubarika Ketua Bidang Kesehatan, Rehabilitasi dan Bencana Fornas Panti Sosial Asuhan Anak sedang menyiapkan tim untuk membantu panti panti yang terdampak. Sudah di ketahui 2 titik pengungsian anak anak panti bersama masyarakat. Pertama di Universitas Islam Muhammadiyah – Unismu Palu yang berlokasi di Fakultas Agama Islam dan Kedua pengungsian di Sungai Manonda Kecamatan Duyu Palu di bukit.

Kami menyiapkan 5 tim rescue, 2 Bidan, 4 Dokter. Bila akses terbuka berharap 5 Oktober sudah bisa diberangkatkan. Kita berdoa semoga upaya membuka akses oleh TNI, Basarnas, Polisi, BNPB dapat segera berhasil.

Farid Ari Fandi Ketua Pokja Bantuan Panti se Indonesia telah mengkomunikasikan ke beberapa pihak tentang kondisi Panti di Palu. Seperti Sekjen Kementerian Sosial Hartono Laras, Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Kementerian Sosial Nahar dan Komisi VIII DPR RI. Begitu juga WA Grup Gempa Sulteng yang dikoordinir TNI. Anggota Komisi VIII DPR RI Rahayu Saraswati merespon langsung, menanyakan jumlah Panti di Kota Palu dan jumlah anak anak dibawah naungan Panti. Begitupun Desy Ratnasari dan Alfia Reziani yang merespon langsung WA dari Forum Nasional Panti Sosial Asuhan Anak.

About Admin

Check Also

mas TM

Kaum Millenial Jauhi Medsos Mainstream

Sadar nggak sih perilaku kita yang sering adu otot dengan reaksi sumbu pendek telah mengubah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *