Home / KBAI Reportase / 64 Panti Terdampak Di Sulawesi Tengah, Forum Panti Kerja Ekstra Melakukan Penjangkauan
Panti LKSA Wali Songo yang mengalami kerusakan berat di di Jalan Soekarno Hatta No 12 Kelurahan Talise Kota Palu
Panti LKSA Wali Songo yang mengalami kerusakan berat di di Jalan Soekarno Hatta No 12 Kelurahan Talise Kota Palu

64 Panti Terdampak Di Sulawesi Tengah, Forum Panti Kerja Ekstra Melakukan Penjangkauan

Tiada kata mengenal lelah, begitulah yang ditunjukkan para Forum Panti se Indonesia dalam merespon darurat kondisi Palu, Sigi dan Donggala. Ada 64 Panti di 4 kabupaten yang terdampak yang butuh segera direspon distribusi bantuan bahan pokok.

Bahu membahu panti seluruh Indonesia terutama yang terdekat seperti Forum Panti Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Gorontalo. Sulawesi Selatan, sampai yang terjauh Forum Panti Bengkulu sudah dimulai bergantian sejak hari Sabtu 29 September 2018. Respon cepat dan terdekat dilakukan Forum Panti Sulawesi Barat dengan membawa bantuan seadanya dan memberikan uang buat para pengungsi yang sangat membutuhkan respon saat itu. Inilah juga yang mendasari semangat semua pegiat kemanusiaan di Donggala, Sigi dan Palu. Dalam berbagi peran dengan lembaga lainnya untuk memulihkan kondisi saat ini.

Fumedica - Medical Teams Humanitarian AId Internastional mengunjungi Panti Wali Songo yang rusak berat
Fumedica – Medical Teams Humanitarian AId International mengunjungi Panti Wali Songo yang rusak berat

Taufik Ridwan Wakil Ketua Forum Nasional Panti Sosial Asuhan Anak menyampaikan Pos Tanggap Darurat Fornas Panti Sosial Asuhan Anak telah didirikan di beberapa lokasi. Hari ke 2 dengan membagikan beras dan mie depan jalan Durian 103 Kelurahan Kamonji Kota Palu tempat Panti Ar Rahman, dilanjutkan esoknya merespon kondisi perumnas kelurahan balaroa yang tenggelam rumahnya akibat pergerakan tanah dengan membuka dapur umum di Jalan Sungai Manonda Kota Palu, hari ke 3 merapat Forum Panti Balikpapan membawa bantuan 10 kontener yang langsung didistribusikan lewat Basarnas dan di Jalan Soekarno Hatta bersama Panti Wali Songo mendistribusikan bantuan ke panti dan masyarakat di sekitarnya dengan dukungan bantuan Forum Panti Gorontalo dan Forum Panti Balikpapan.

Hari ke 7 kedatangan Forum Panti Sulsel bersama 3 truck bantuannya, langsung didistribusikan ke Panti Pelita Hati untuk menjadi dapur umum 17 panti di Kabupaten Sigi. Selanjutnya distribusi bantuan ke Panti Ar Rahman yang menjadi sentral daerah terparah terkena Likuifaksi dan sudah menjadi dapur umum sejak hari ke 2, sudah 128 pengungsi yang bermukim disana, ditambah para pengungsi yang turun dari pegunungan setiap pagi dan siang.

Rombongan 3 truk bantuan dari Forum Panti Sulawesi Selatan
Rombongan 3 truk bantuan dari Forum Panti Sulawesi Selatan

Sejak komunikasi terbuka, banyak permintaan dari berbagai panti dan tim. Besok pagi tim akan menjangkau kabupaten Donggala untuk 5 panti disana, dan menyusuri pantai barat untuk membantu kondisi pengungsian yang ada disana. Kami sudah berkomunikasi dengan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Donggala untuk distribusinya, jelas Taufik.

Ardan Lelemappuji mengapresiasi semua Forum Panti yang telah melakukan respon luar biasa untuk Panti LKSA di Palu, Sigi dan Donggala. Ia menyampaikan permohonan maaf karena baru bisa berkomunikasi, maklum saja kondisi komunikasi masih sulit. Namun kita bersyukur meski tidak bertemu, tapi sudah bergerak semuanya, berbagi peran dalam respon segera kebutuhan panti panti di Sulawesi Tengah.

Pemberangkatan Forum Gorontalo (1/10/2018)

Kami berangkat dengan 3 mobil, 2 mobil pick up untuk logistik, satu mobil khusus untuk relawan. Perjalanan sampai Palu akan ditempuh sekitar 12 jam. Yang kami bawa beras 1500 kg, Mie 53 karton, Air mineral uk. 1,5 liter 25 karton, Air mineral ukuran gelas 23 karton, gula 39 kg, minyak goring 30 kg, susu ada 12 kaleng, sarung 10 buah, ikan kaleng 25, the 11 pak, minuman ale ale 2 karton, sabun cuci 1 karton dan pakaian 12 karung. Perjalanan dikawal polda Gorontalo sampai ke Palu. Sesampai disana Sekretaris Forum Gorontalo menyerahkan bantuan langsung kepada pengurus Panti LKSA Wali Songo pada jam 6 pagi.

Relawan Forum Panti Gorontalo dipimpin Farouk H. Biahimo, SHI
Relawan Forum Panti Gorontalo dipimpin Farouk H. Biahimo, SHI

Pendistribusian logistik dilanjutkan ke Panti LKSA Pelita Hati di Jalan Pramuka Nomor 58 Desa Pombewe Kecamatan Sigi Biromaru dengan didampingi Taufik Ridwan Pimpinan Forum Nasional Panti Sosial Asuhan Anak. Pelita Hati akan menjadi master point selanjutnya untuk membuka dapur umum dan distribusi bantuan ke 17 panti di Kabupaten Sigi.

Pendistribusian logistic dilanjutkan kembali ke Panti LKSA AL Kautsar yang berada di Jalan Pue Bongo No. 09 Kota Palu. Dilanjutkan membantu bongkar muat bantuan Forum Panti Sulsel jam 15.15 di Kantor Dinas Sosial Propinsi di Moh Yamin Kota Palu

Jam 18.30 dilanjutkan pendistribusian ke Panti Ar Rahman Sungai Manonda Duyu Kota Palu. Panti Ar Rahman sejak hari ke 2 menjadi pusat pengungsian rumah rumah yang mengalami Likuifaksi Perumnas Balaroa.

Distribusi persiapan besok akan ke Panti LKSA di kabupaten Donggala. Sementara relawan dari Forum Panti Gorontalo dan Forum Panti Kalimantan Timur sedang memuat barang untuk distribusi besok di Donggala dan sepanjang Pantai Barat.

Perjalanan Forum Panti Sulawesi Selatan (2/10/2018)

Ketua Forum Panti Sulawesi Selatan Muhammad Rizal melaporkan jam 23:33 membawa bantuan dengan 3 truk untuk Gempa Tsunami Palu. Dengan tim relawan yang akan berangkat H. Muhammad Rizal beserta pengurus forum panti Sulsel ada Pak Untung Suropati, Hakim Sitaba, Talik. Untuk pemberangkatan besok bada Zuhur.

WhatsApp Image 2018-10-04 at 06.35.18

Barang yang akan dibawa Beras, Mie, Air Mineral, makanan makanan, sabun mandi, obat obatan dan pakaian bekas. Sesampai di Sulawesi Barat akan disambut Ketua Forum Panti Sulawesi Barat Tamrin yang akan bersama Makodim 1401 Majene Sulawesi Barat melakukan pengawalan sampai Donggala. Perjalanan akan diperkirakan akan ditempuh dalam 12 jam. Beliau mengabarkan siang jam 11:10 3/10/2018, diperkirakan sampai Kabupaten Majene  Sulawesi Barat jam 18.00.

Beliau sempat menceritakan kembali perjalanan, setelah kami bertolak dari kota Makassar kami banyak ujian dan coba yang kami alami di perjalana. Alhamdulillah akhirnya sampai Kota Palu. Sudah bertemu dengan Taufik Ridwan Pimpinan Fornas PSAA dan seluruh rekan rekan di Pos Tanggap Darurat Fornas PSAA disaksikan oleh Kepala Dinas Sosial Propinsi Sulawesi Tengah, Kementerian Sosial, Direktorat Rehsos Anak, Kelembagaan. Setelah dibongkar, kami langsung menyalurkan ke beberapa Panti LKSA di Kota Palu dan Sigi. Sampai malam ini kami masih berada di Kantor Dinas Sosial Propinsi bersama Direktur Linjamsos. Kami masih bersama sama rekan relawan Forum Panti dari Makassar, sementara menunggu Pak Taufik dan rekan rekan yang masih bertugas di Kota Palu dari anggota Pos Tanggap Darurat Fornas PSAA. Mudah mudahan sebentar kita bisa berkumpul untuk mencari solusi selanjutnya untuk penanggulangan bencana khususnya Panti LKSA yang berada di Sulawesi Tengah ini.

About Admin

Check Also

mas TM

Kaum Millenial Jauhi Medsos Mainstream

Sadar nggak sih perilaku kita yang sering adu otot dengan reaksi sumbu pendek telah mengubah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *