Home / KBAI Reportase / Hari Anak Universal: Thanks Ibu Khofifah

Hari Anak Universal: Thanks Ibu Khofifah

Suasana pagi di Alun Alun Kota Malang sangat meriah. Berbagai rangkaian kata kata dalam mengajak kita untuk lebih perhatian kepada kondisi anak anak yang terlepas dari keluarganya dan kehidupan jalanan, terpampang dengan apik di setiap sudut alun alun kota Malang.

Sumber Foto: Panitia MIBAJ 2017

Bapak Nahar Direktur Anak Kementerian Sosial menyampaikan pemerintah melaksanakan Hari Anak Dunia tahun ini di Kota Malang. Kegiatan ini merupakan program nasional dalam Menuju Indonesia Bebas Anak Jalanan 2017. Yang momentumnya dengan diluncurkannya Peraturan Pemerintah Nomor 44 tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pengasuhan Anak hari ini oleh Ibu Menteri Sosial.

Sumber Foto: Panitia MIBAJ 2017

Ibu Khofifah Indar Parawansa menyampaikan perjuangan dalam menyiapkan PP ini menjadi sangat penting. Mengingat berbagai kasus penganiayaan, kekerasan dan perdagangan anak.

Negara harus melakukan mekanisme pencegahan, mengatur pelaksanaan pengasuhan dan menguatkan sistem penyelenggaraan perlindungan anak yang menjadi mandat semua komponen bangsa.

Sumber Foto: Panitia MIBAJ 2017

Aturan pengasuhan anak ini penting mengingat terdapat orang tua yang tidak cakap mengasuh. Mereka yang tidak cakap diberi pilihan, yakni akan dicabut hak asuhnya oleh Pengadilan Negeri atau pengalihan pengasuhan sementara atau bisa juga pengalihan pengasuhan permanen.

Dalam acara tersebut nampak kedekatan dan kehangatan anak anak bersama Menteri Sosial. Beliau selalu mengajak anak anak dan mendekatinya. Bahkan duduk bersamanya.

KBAI sangat mengapresiasi dan berterima kasih, karena sesungguhnya rasa ingin dekat, sejajar, hangat adalah bagian dari tuntunan dan bimbingan untuk anak anak yang rentan kehilangan pengasuhan. Mereka berhak merasakan dicintai, dihargai dan merasa aman. Sehingga semua anak merasakan rumah Indonesia. Semoga cita cita Pemerintah dalam Menuju Indonesia Bebas Anak Jalanan segera terwujud.

Sumber Foto: Panitia MIBAJ 2017

Check Also

Aksi heroik menolong guru, akibatnya lima siswa tewas tenggelam

Masih melekat dibenak kita lima orang siswa SMP Budhaya III Duren Sawit, Jakarta Timur, tewas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: