Home / Pers Rilis / Pers Rilis Pemuda Muhammadiyah Atas Perkosaan dan Pembunuhan Anak 6 Tahun di Sorong Papua

Pers Rilis Pemuda Muhammadiyah Atas Perkosaan dan Pembunuhan Anak 6 Tahun di Sorong Papua

Program #Ayah Hebat Untuk Indonesia HebatPimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah menyampaikan Pres Rilis terhadap kasus pemerkosaan dan pembunuhan terhadap adik perempuan KM 4 tahun di Sorong Papua, sebagai berikut
  1. Menyampaikan duka yang sedalam dalamnya kepada keluarga korban atas meninggalnya adik perempuan kita KM 4 tahun.
  2. Peristiwa ini adalah pengulangan untuk kesekian kalinya. Ini seperti fenomena gunung es yang sebagian kecil yang baru terekspos dimedia, dugaan kami kejadian ini masih banyak terjadi, belum terlaporkan dan terungkap. Untuk itu PP PM nendorong kepada pemerintah untuk menghidupkan early warning system secar efektif dilapangan, agar peristiwa serupa tidak terjadi lagi. Seperti kisah sebelumnya setiap kejadian perkosaan sebenarnya ada yang melihat, namun masyarakat belum terbiasa mengenal tempat melapor dalam situasi darurat (sense of crisis)
  3. Kepada masyarakat di sekitar kejadian seperti ini, agar memberikan dukungan kepada keluarga korban dan menunjukkan empati.
  4. Beberapa fakta kejadian ini menyatakan bahwa pelaku adalah anak putus sekolah. Untuk itu mendorong pemerintah daerah untuk aktif melakukan edukasi dan menfasilitasi pendidikan kepada anak anak Papua terutama yang putus sekolah. Sudah selayaknya Negara memberi akses dan pilihan bagi anak anak yang putus sekolah. Dengan mengoptimalkan program program Pemerintah Pusat ke daerah. Apalagi Papua punya prioritas dalam Otonomi Khusus.
  5. Agar pemerintahan tidak seperti pemadam kebakaran dan cenderung reaktif. Kedepan perlu dProgram #Ayah Hebat Untuk Indonesia Hebat2iinisiasi dan di syahkan RUU Pengasuhan Anak sebagai salah satu solusi terhadap persoalan hulu pencegahan dan penanganan anak secara komperhensif
  6. Dalam upaya merespon kasus kasus kekerasan yang trendnya terus meningkat dari tahun ke tahun. Mendorong peran para Ayah di Pemuda Muhammadiyah untuk lebih aktif melakukan edukasi dan menjadi teladan dimasyarakat. Untuk itu PP PM terus melakukan 10 Gerakan Ayah Hebat yang aplikatif dan edukatif, diantaranya dalam rilis ini menyertakan flyer Peran Ayah Hebat dan Mulia.
  7. Mari jadikan meninggalnya adik perempuan kita KM menjadi jalan penerang kita semua untuk sadar, lebih peduli dan bergerak semakin melindungi anak anak Indonesia.
  8. Kita mendoakan semoga adinda KM tenang dan kejadian ini menjadi momentum mengakhiri kejahatan seksual di Indonesia
Demikian pers rilis ini disampaikan. Untuk menjadi perhatian kita semua.
Salam Senyum Anak Indonesia,
Ayah Jasra – 081374382219
Koordinator Program Ayah Hebat PP PM
Ketua Kesehatan dan Kesra PP PM

Check Also

Hindari Anak Dari Kegiatan Politik Praktis

Terkait ditahannya ratusan Anak-anak di berbagai kantor kepolisian di Jakarta terkait aksi unjuk rasa dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: