Home / KBAI Reportase / KPAI: 9 Propinsi Alami Seperti Bayi Kalista

KPAI: 9 Propinsi Alami Seperti Bayi Kalista

Minggu 25 Maret 2018 menjadi hari berkabung bagi anak Indonesia dengan meninggalnya ananda C di Karawang .

Ananda C akhirnya meninggal dunia setelah dirawat secara intensif selama kurang lebih 16 hari di ruang PICU, RSUD Karawang, Jawa Barat. Pilu dan nestapa ananda C menjadi duka yang mendalam bagi seluruh anak Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Rita Pranawati Komisioner KPAI bidang Keluarga dan Pengasuhan. Tak hanya di Karawang, KPAI juga mencatat kejadian serupa di 9 propinsi yaitu Sumatera Utara, Sumatra Barat, Jawa Tengah (Pati), Jawa Timur (Surabaya, Jombang), Jawa Barat (Tasikmalaya, Garut, Cirebon, Bekasi, Karawang), DKI Jakarta, Banten, Kalimantan Timur, hingga Papua, ujarnya.

Untuk itu KPAI meminta keluarga yang sama rentannya dengan kejadian di Karawang agar menyadari bahwa anak masih sangat belia dalam belajar menjalani kehidupan sehingga orang tua perlu menyikapi dengan wajar tumbuh kembangnya.

Beban hidup yang dirasakan baik karena situasi perkawinan, kesulitan ekonomi, hingga problem pribadi seringkali menjadi pemicu orang tua melampiskan kekesalannya pada anak-anak.

Orang tua baik ayah maupun ibu memiliki tanggung jawab yang sama dalam mengasuh, karena inilah hulu dari perlindungan anak. Fungsi kontrol pengasuhan yang dilakukan orang tua dapat juga dilakukan oleh masyarakat dan sekolah, tutup Rita.

Check Also

Belajar Dari Kasus Kekerasan Anak; Pentingnya Negara Memiliki Daftar Keluarga Pengganti

Kasus kekerasan dan perlakuan salah dialami seorang anak perempuan K berusia 5th, yang dilakukan sendiri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: